ALPHABET WOODEN BOOK BILINGUAL
![](https://statik.unesa.ac.id/terapan-desain/thumbnail/ed14a321-66cd-4251-8c43-247dbe8dc3db.jpg)
Anak senang bisa bermain dan belajar!
Latar Belakang
Sekitar 50% kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika usia anak 4 tahun. Semakin cepat anak memiliki kemampuan bilingual, semakin banyak kesempatan dalam hal pendidikan, sosial, ekonomi, dan budaya yang akan mereka dapatkan di kemudian hari. Namun kondisi saat ini, banyak buku yang disediakan oleh sekolah memiliki tampilan yang kurang menarik minat anak untuk belajar, sehingga anak mudah merasa bosan. Oleh sebab itu dibutuhkan buku pengenalan karakter alfabet dengan dua bahasa secara lebih interaktif agar anak usia dini dapat belajar dan memahami alfabet lebih cepat dan meningkatkan minat mereka dalam belajar. Sehingga dapat menunjang pendidikan anak yang saat ini mayoritas sudah membutuhkan referensi dari Bahasa Inggris.
Team Peneliti
Winarno, S.Sn., M.Sn.
Dosen prodi Seni Rupa Murni FBS Unesa sejak tahun 2005. Mata kuliah yang diampu selama menjadi dosen adalah gambar model, ilustrasi dan seni lukis. Keahlian yang dimiliki adalah seni lukis. Hal ini sesuai dengan jenjang pendidikan S1 dan S2 yang ditempuh. Untuk menunjang perkuliahan, sebagai dosen dan ketua pengusul menghasilkan bahan ajar dan media pembelajaran yang interaktif.
Hendro Aryanto, S.Sn., M.Si.
Hendro Aryanto, S.Sn, M.Si sebagai anggota pengusul 1 merupakan dosen prodi Desain Komunikasi Visual FBS Unesa sejak tahun 2008. Mata kuliah yang diampu selama menjadi dosen adalah ilustrasi, ilustrasi digital, Digital Media, Branding, Visual Brand, Art and Craft.
Nanda Nini Anggalih, S.Pd., M.Ds.
Nanda Nini Anggalih, S.Pd., M.Ds. sebagai anggota pengusul 2 merupakan dosen prodi Desain Grafis Fakultas Vokasi Unesa sejak tahun 2019. Mata kuliah yang diampu selama menjadi dosen adalah fotografi digital, Integrated Marketing Communication, Media Interaktif, Graphic Design Style dan Manajemen Bisnis Industri Kreatif.
Winata Riangsaputra
Founder PT. Gunung Mas Sumanco (Riang Toys). PT. Gunung Mas Sumanco merupakan perusahaan yang memproduksi mainan dan buku untuk anak-anak. Dalam hal ini, PT Gunung Mas Sumanco berperan dalam proses produksi buku serta item pendukung yang dapat membantu anak-anak dapat belajar alfabet secara lebih interaktif.
Apa Itu Alphabet Wooden Book Bilingual?
Permainan ini dibuat khusus untuk membantu Ibu mendampingi Anak berusia 2-5 tahun bermain sambil belajar. Kedekatan dan kasih sayang ibu tentunya sangat berperan dalam permainan ini. Anak dapat dengan senang memasang balok huruf, menulis huruf, hingga membaca kosakata bilingual yang ada didalam buku puzzle. Alphabet Wooden Book Bilingual adalah permainan edukatif yang sekaligus memberi wawasan bentuk dan penyebutan obyek sehari-hari di sekitar anak-anak. Smart Children act like their Smart Moms. Are you ready, Smart Moms? Let’s Go!
Cara Bermain
Video Tutorial Game
Komponen Permainan:
26 balok alfabet A-Z
1 buah buku kayu dengan papan tulis mini
1 kantong untuk menyimpan balok alfabet
1 kapur tulis
Aturan Bermain
Usia 2 tahun: Mencocokkan bentuk & warna
-
Keluarkan balok huruf dari kantong.
-
Pasang ke buku.
-
Balok huruf dan bentuk huruf pada buku memiliki warna yang sama.
Usia 3 tahun: Mengenal huruf
-
Keluarkan balok huruf dari kantong.
-
Pasangkan pada halaman buku.
![e2554587-7ac7-4b9e-a797-4059df3fa548](https://statik.unesa.ac.id/terapan-desain/gallery/e2554587-7ac7-4b9e-a797-4059df3fa548.jpg)
Usia 4 tahun: Berlatih menulis huruf
-
Menggunakan jari anak, ikuti bentuk huruf pada buku untuk belajar menulis.
-
Gunakan kapur untuk mengulang tulis bentuk huruf pada papan tulis mini.
![b429108c-83e7-4699-9913-19ca13ff3af4](https://statik.unesa.ac.id/terapan-desain/gallery/b429108c-83e7-4699-9913-19ca13ff3af4.jpg)
Usia 5 tahun: Kosakata bilingual
-
Bersama anak, sebut kosakata dalam Bahasa Indonesia.
-
Kemudian ulang dalam Bahasa Inggris.